Inilah 5 Tips Menggunakan Excel di Kantor Agar Pekerjaan Kamu Lebih Produktif

Kalian Penasaran bukan?

Dalam Microsoft Excel, terdapat banyak sekali rumus atau fungsi untuk mengolah data. Untuk menjadi seorang yang mumpuni dalam dunia perexcelan, kamu nggak harus menguasai seluruh rumus yang ada. Cukup bisa dan mahir dalam menguasai rumus excel dasar yang sering digunakan dalam pengolahan data. Dalam suatu pekerjaan, tentunya kita ingin pekerjaan tersebut selesai dengan cepat dan mendapatkan hasil yang sesuai bukan? nah berikut ini merupakan tips menggunakan Excel agar pekerjaan kamu lebih produktif. mau tau apa saja itu?

Berikut diantaranya,

Gunakan shortcut untuk menghemat waktu

Shortcut adalah kombinasi satu atau lebih tombol keyboard yang merupakan perintah yang diberikan oleh pengguna komputer kepada program atau aplikasi komputer untuk melakukan pekerjaan tertentu. Selain shortcut standard seperti Ctrl + S, Ctrl + C, Ctrl + V, kamu juga perlu tahu shortcut yang lain seperti Ctrl + L untuk membuat tabel, atau Alt + E + S + V untuk paste value.

Artikel Terkait: [Cara] Memperbaiki Error Cell Drag Drop pada Excel

Buat display Excel kamu lebih lega dengan Quick Access Toolbar

By default, tampilan Excel kurang optimal karena pada bagian atas dipenuhi dengan ribbon yang belum tentu di butuhkan. Solusinya, ubah display Excel kamu dengan Quick Access Toolbar dengan cara menyembunyikan ribbon atau menu perintah standard dan menambahkan menu perintah yang paling sering kamu pakai di Quick Access Toolbar.Biar lebih optimal lagi, pindahkan Quick Access Toolbar yang sudah diisi menu perintah yang paling sering kamu pakai tersebut di bawah menu tabs agar mudah dijangkau dengan menggunakan mouse

Kuasai semua rumus Excel yang berkaitan langsung dengan pekerjaan kamu

Semakin banyak rumus Excel yang kamu kuasai dan diaplikasikan dalam pekerjaan kamu, semakin besar peluang atasan kamu mempercayakan pekerjaan penting ke kamu.

Kuasai benar fitur PivotTable

PivotTable ini berguna banget buat kamu yang sering berhubungan data yang jumlahnya ribuan seperti bagian keuangan, produksi, sales maupun HRD.

Jadilah piawai dalam membuat chart atau grafik

Selain untuk mengolah data, Excel juga sangat mumpuni untuk membuat chart atau grafik. Kamu mungkin boleh piawai dalam mengolah maupun membuat rangkuman data, akan tetapi menjadi membosankan jika datanya hanya dalam bentuk tabel. Untuk itu, kamu perlu meningkatkan skill kamu dalam membuat chart atau grafik agar laporan kamu lebih mudah dibaca.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.