Keren ! Inilah 5 Tips Desain Cover Buku dari Para Penulis Internasional

Sebuah buku akan terlebih bagus apabila di imbangi dengan cover atau sampul yang menarik. Hal ini dikarenakan para pembaca akan membeli sebuah buku setelah melihat desain cover yang menarik, baru kemudian membaca sinopsis dibagian belakang. Oleh karenanya, jika kamu berencana menerbitkan buku. Maka buatlah desain cover yang menarik pandangan konsumen. Berikut beberapa tips dari para penulis internasional yang dapat membantu. Diantaranya,

Harus Mencerminkan Isi Buku

Audrey Cavenecia, seorang penulis buku The Alcohol Diet menyarankan agar kamu menulis daftar yang berisi poin penting saja. Kemudian daftar tersebut digunakan sebagai panduan dalam mendesain cover buku. Selain itu kamu harus ingat bahwa desain cover buku yang efektif tak hanya harus menarik, melainkan mampu mencerminkan isinya.

Buatlah Pembaca Merasakan Sesuatu

Joe Conlan merupakan penulis novel berjudul nameless dengan genre thriller. Dia memilih desain yang dapat menggambarkan kesan dark dari ceritanya, agar pembaca pun bisa merasakan sesuatu ketika melihatnya. Bahkan merasa ngeri jika melihat cover yang memang sangat mencerminkan dalam buku tersebut.

Baca juga ya: 7 Tips Menciptakan Portfolio desain yang mengesankan

Gambar dan Tulisan Harus Jelas

Desain cover buku yang menarik perhatian banyak orang, pastinya harus memiliki gambar dan tulisan yang jelas. Agar feel yang disampaikan melalui cover tersebut dapat ditangkap secara jelas oleh pembaca. Terlebih lagi jika dengan gambar dan tulisan yang jelas akan sangat membantu ketika jual buku secara online.

Cover sebagai bagian dari Puzzle

Denis Tabor memiliki pandangan yang cukup unik, dia mengatakan bahwa menulis buku sama hal nya menyelesaikan puzzle 10.000 keping dengan mata tertutup. Setelah itu baru melakukan desain yang dapat menarik perhatian calon pembaca. Tabor pun ikut mengawasi proses pembuatan desain cover buku dan rajin memberikan feedback.