Fakta Menarik Bahasa Pemrograman Java yang Populer di Dunia

Hingga saat ini, java merupakan bahasa pemrograman yang paling populer dan banyak digunakan oleh kalangan programmer. Java sendiri merupakan bahasa pemrograman yg dimiliki oleh Sun Microsystem guna mengembangkan application software dan menerapkan cross platform. Penggunaannya pun cukup mudah apabila kamu sudah memahami dasar-dasarnya. Lantas apa yang menjadi penyebab Java sebagai bahasa pemrograman yang terpopuler? Berikut beberapa fakta menariknya,

Dapat Berjalan di berbagai platform

fakta menarik
Sebuah program java yang telah jadi, dapat dijalankan pada platform yang berbeda. Seperti windows, linux, maupun MacOS, selama di komputer tersebut terdapat Java Runtime Environment.

Berorientasi Objek

Memungkinkan mu untuk memecah program menjadi objek yang lebih kecil, serta untuk digunakan kembali komponen yang telah dibuat. Sehingga membuat library sendiri sangat mudah.

Java API (Application Programming Interface)

Didalam Java API ini terdapat berbagai macam package dan class yang menghemat waktu dan tenaga. Selain itu bersifat open source yang dapat mengubah code tersebut terdokumentasi dengan baik. hal ini didukung dengan tersedianya fasilitas Javadoc, yang merupakan Syntax untuk membuat komentar dalam source code, yang nantinya di-generate untuk menjadi dokumentasi berekstensi .html.

Artikel Lainnya: Beberapa Fitur Canggih Bahasa Pemrograman Java Wajib Kalian Tahu!

Java Terlalu Lambat untuk Game

Lebih tepatnya diartikan sebagai “Java lebih lambat daripada C dan C++, bahasa yang dipakai untuk membuat sebuah game”. Versi pertama ini diketahui lebih lambat 20-40 kali dari 9++. Tetapi masalah itu sudah teratasi dengan munculnya versi-versi anyar.

Java sangat Boros Memory

Mereka menganggap bahwa objek yang sudah tidak digunakan dalam program tidak akan dilakukan dalam garbage collecting. Hal ini membuat memori penuh dan menyebabkan crash. Java hanya akan melakukan tugasnya saat sebuah objek benar sudah tidak digunakan dalam program.

Tingkat Bahasa yang Tinggi

Java tidak mampu mengakses secara langsung hardware seperti video card dan sebagainya. Hal ini berdampak pada kemampuan java untuk mengakses perangkat input game, seperti joystick dan gamepad yang berimbas pada penurunan performa game.

Leave a Reply

Your email address will not be published.