5 Kesalahan Umum Sering Terjadi Dalam Branding Identitas Perusahaan

Brand sangatlah penting bagi kebutuhan perusahaan, dengan adanya brand masyarakat dapat mengenali produk kamu. Agar proses branding yang kamu lakukan efektif, ada baiknya untuk mengetahui beberapa kesalahan yang sering terjadi dalam branding identitas perusahaan wajib kamu hindari. Berikut diantaranya,

Pemasaran Tanpa Target

Sebagian orang yang memiliki sebuah bisnis baru, terkadang melakukan pemasaran besar-besaran tanpa adanya target yang difokuskan. Padahal kamu harus paham produk yang dibuat, ditujukan pada siapa. Misalnya menjual produk kecantikan, maka target yang kamu buat harus sesuai dengan audiens yaitu untuk wanita baik remaja atau orang dewasa.

Logo Tidak Profesional 

Usahakan buat logo yang terlihat profesional, sebab logo menunjukkan identitas perusahaan mu yang harus dibuat dengan baik. Jika kamu tidak bisa membuatnya, lebih baik untuk menyewa freelancer desainer grafis atau belajar sendiri disini. Seorang desainer grafis akan lebih memahami estetika gaya visual, perpaduan warna, dan sebagainya yang dapat menghasilkan logo yang tepat.

Baca artikel lainnya: Ingin Belajar Desain Web? Inilah 4 Dasar Wajib Kamu Ketahui

Kurang Belajar dari Kompetitor

Sebelum memulai bisnis, kamu harus melakukan riset pasar terkait kebutuhan konsumen  dan kompetitor. Seperti melakukan branding terhadap logo, tagline, pelayanan yang mereka berikan dan sebagainya. Namun, jangan sampai melakukan plagiat yang dapat merusak citra bisnis kamu sendiri.

Tidak Konsisten

Membuat brand secara konsisten sangatlah penting, agar orang semakin mengenal perusahaan kamu. Buatlah konsep pada situs, kartu nama, media sosial dengan tema yang sama. Penggunaan font style dan warna juga harus sama agar konsumen lebih mudah mengenalimu.

Melupakan Tagline

Tagline sangat membantu orang untuk mengingat produk atau layanan yang kamu berikan. Salah satu contoh brand yang berhasil melakukan hal ini adalah prudential dengan tagline-nya “Always Listening Always Understanding” atau Ford dengan tagline “Go Further”-nya.